SINCE AUGUST 2009

Posting Terbaru

--------------------

2009-10-06

Makna Sholawat



Apa sich sholawat itu..???


    Bershalawat itu maknanya banyak, tidak terbatas kepada doa semata. Karena itu di dalam Al-Quran Al-Karim kita menemukan adanya ayat yang menceritakan bahwa Allah SWT dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi SAW. Dan untuk itu umatnya pun diperintahkan untuk bershalawat kepada beliau juga.


    Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.(QS. Al-Ahzab : 56).


    Allah SWT bershalawat kepada Nabi SAW ? Apakah maknanya Allah berdoa kepada Nabi ? Tentu saja bukan. Makna Allah SWT bershalawat kepada Nabi adalah bahwa Allah SWT memberinya rahmat. Dan makna para malaikat bershalawat kepada nabi adalah memintakan ampunan. Sedangkan bila shalawat itu dari orang mukmin maka maknanya adalah doa supaya beliau diberi rahmat dan kasing sayang.
Dan mendoakan seorang nabi tidak salah, karena salam yang kita sampaikan kepada orang yang bertemu dengan kita pun maknanya adalah doa.


    Kalimat Assalamu 'alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh maknanya adalah "Semoga keselamatan terlimpah atasmu serta rahmat dan barkah-Nya.".
Buat orang Islam, saling mendoakan satu sama lain adalah hal yang biasa dan telah menjadi syiar agama. Termasuk memberi salam kepada Rasulullah SAW dan bershalawat kepadanya.

    Kalau kita mendoakan keselamatan dan kepada seseorang bukan berarti kita meyakini bahwa dirinya ada dalam ketidak-selamatan. Doa keselamatan itu sama saja bila kita menyapa teman dengan mengatakan semoga Anda sekeluarga dalam keadaan sehat wal afiat. Apakah bila kita menyapa demikian, berarti teman kita sekeluarga itu sedang dirawat di rumah sakit..? Tentu tidak, karena salam dan shalawat itu sifatnya syiar yang hidup di tengah sesama kita. Dan mendoakan keselamatan tidak berarti yang kita salami itu sedang sakit tidak bisa bangun.




2 comments:

Poetrizen said...

Sholawat jg sbge pngawal do'a yg qt panjatkn kpd yg maha AGUNG.so..ktk berdo'a qt hrus menyelipkan sholawat.spy do'a qt bs menembus langit tujuh.sampe k arsy..jk tanpa sholawat mka do'a qt hnya akn mggantung d awang2..
Seperti zakat fitroh,jg pengawal rangkaean ibadah suci qt d bulan TERSUCI,RAMADLAN.ehm..para netter sudah zakat fitroh khan..SEE U AAL..

Setiono said...

Alhamdulillah dpt pencerahan... Trims